Header Ads

Perbedaan Karakter Bos dan Pemimpin yang Harus Kamu Pahami

Cuculutus.com - Setiap manusia pasti bakal bertemu dengan atasan dalam kehidupannya. Tapi terkadang kita suka engga tau mana yang berkarakter bossy mana yang berkarakter benar-benar seorang pemimpin. Untuk membedakannya cuculutus akan mengulas perbedaan antara karakter bos dan karekter pemimpin biar kamu makin paham. Gak berlama-lama, mari kita simak baik-baik.



1. Seorang BOS menciptakan rasa takut dalam diri anak buahnya. Seorang PEMIMPIN membangun kepercayaan.

Ini adalah perbedaan yang mencolok. Karakter bos selalu membuat rasa percaya diri karyawannya menurun. Ia kadang mendiskriminasi karyawannya, enggak egaliter, pandanganya sempit dan jika ada kesalahan yang jadi bulan-bulanan adalah anak buahnya. Sedangkan karakter pemimpin, setiap kesalahan yang dilakukan anak buahnya selalu dicermati sebagai bahan perbaikan.


2. Seorang BOS mengatakan "saya". Seorang PEMIMPIN mengatakan "kita"

Jika kamu punya atasan yang suka bilang 'saya' pada setiap pencapaian dan menghilangkan partisipasi anak buahnya, sudah bisa ditebak, tipe atasanmu adalah berkarakter bos. Begitu sebaliknya, jika yang dikatakan adalah 'kita' walau anak buahnya tidak berkontribusi, maka inilah karakter pemimpin yang baik.

3. Seorang BOS tahu bagaimana pekerjaan harus dilakukan. Seorang PEMIMPIN tahu bagaimana suatu karier harus ditempa.

Orientasi karakter bos adalah pada sistematika kerja yang harus sesuai runutan, enggak ada improvisasi sama sekali. Garing banget punya bos kayak gini. Beda sama pemimpin, dia bakal memotivasi anak buahnya untuk terus mendorong karir mereka jauh lebih baik dari sebelumnya.

4. Seorang BOS mengandalkan kekuasaan. Seorang PEMIMPIN mengandalkan  kerjasama.

Nah ini perbedaan lain antara bos dan pemimpin. Saking pede-nya bos suka menggunakan kekuasaanya untuk menyuruh dan menunjuk-nunjuk anak buahnya untuk mengerjakan sesuatu. Berbeda dengan seorang pemimpin, ia akan mengunakan kekuasaanya untuk mengajak saling bekerjasama antara dia dan anak buahnya, anak buah dengan anak buah, sehingga menghasilkan suatu pencapaian yang keren bagi perusahaan/instansi.

5. Seorang BOS menyetir. Seorang PEMIMPIN memimpin

Taukan artinya nyetir?  Bos selalu bertindak sekehendaknya, dia enggak bakal ngedenger masukan penumpangnya. Pokoknya ' kumaha aing weh '. Bos enggak bakal segan-segan buat menjalankan program sendirian. Sementara pemimpin, menjalankan tugasnya dengan penuh kesadaran di sebagai pemimpin, artinya masukan-masukan anak buahnya sebagai sesuatu yang sangat berharga untuk jauh lebih baik.

6. Seorang BOS menyalahkan. Seorang PEMIMPIN menyelesaikan masalah dan memperbaiki kesalahan

Jika terjadi kesalahan, bos selalu menyalahkan bahkan memblack-list anak buahnya. Tidak ada tolerir atas kesalahan. Kesalahan adalah sebuah hal yang sangat fatal dan harus dihindari. Tapi bagi seorang pemimpin, ia akan menjadikan kesalahan anak buahnya sebagai bahan evaluasi. Ia akan bertindak mengatasi masalah dan memperbaiki kesalahan anak buahnya.

7. Seorang BOS menguasai 10% tenaga kerja bermasalah. Seorang PEMIMPIN menguasai 90% tenaga kerja yang kooperatif.

Beda yang terakhir adalah bos akan selalu mencari kesalahan anak buahnya dan menguasai anak buahnya yang bermasalah. Ia akan senang jika anak buahnya terus mengalami dan mengulangi kesalahan. Berbeda dengan sorang pemimpin, ia akan bertindak mengumpulkan orang-orang yang kooperatif dan produktif untuk terus membangun perusahaan/instansi untuk terus maju dan berkembang.

Nah sekarang udah tau kan apa bedanya? Jika kamu jadi seorang pemimpin nanti, jadilah benar-benar menjadi seorang pemimpin, bukan bos.

1 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.